Tips Merawat Kaki Palsu Yang Tepat Agar Awet

Para penyandang disabilitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang beragam membutuhkan alat dan teknologi bantu. Penggunaan alat bantu bagi para penyandang disabilitas ini mempunyai peran yang sangat penting, agar para penyandang disabilitas yang mempunyai kebutuhan khusus pada tubuhnya agar dapat beraktivitas dan bekerja dengan baik serta hidup lebih mandiri.

Alat bantu untuk para penyandang disabilitas ini mempunyai jenis yang beragam. Salah satunya seperti kaki palsu. Karena kaki merupakan anggota tubuh yang penting untuk membantu aktivitas mobilitas setiap manusia, jadi untuk para penyandang disabilitas yang berkebutuhan khusus pada kakinya disarankan untuk menggunakan alat bantu kaki palsu. Selain dapat membantu untuk aktivitas sehari-hari, kaki palsu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri para penyandang disabilitas. Namun, agar kaki palsu dapat berguna secara optimal, perlu untuk mengetahui cara perawatan kaki palsu yang tepat. Berikut cara perawatan kaki palsu yang tepat.

Tips Merawat Kaki Palsu

Agar kaki palsu bisa lebih nyaman saat digunakan dan berfungsi secara optimal para penggunanya perlu untuk mengetahui tips merawat kaki palsu dengan tepat.

  • Saat akan tidur perlu untuk melepas kaki palsu dan juga memeriksanya untuk memastikan bahwa tidak ada bagian yang rusak atau longgar.
  • Penting untuk memeriksa bagian pangkal kaki atau stump untuk memastikan tidak adanya iritasi, luka, atau infeksi.
  • Bersihkan bagian stump, setelah itu pijat bagian kulit secara perlahan menggunakan lotion
  • Balut stump dengan menggunakan perban saat kaki palsu sedang tidak digunakan agar tidak mengalami pembengkakan.
  • Setelah itu, perlu untuk melakukan latihan untuk mendukung daya tahan, rentang gerak, posisi tubuh, dan peregangan, sesuai dengan arahan dari fisioterapis atau dokter.
  • Jika ingin memakai sepatu perlu untuk pilih ukuran yang pas dan jangan mengubah ukuran ketinggian hak kaki.
  • Pakailah kaos kaki yang kering dan bersih saat memakai kaki palsu.
  • Perlu untuk membersihkan bagian soket secara rutin.

Selain itu, agar kaki palsu nyaman saat digunakan dan juga tetap sesuai dengan ukuran tubuh, dan juga para pengguna kaki palsu perlu untuk menjaga kestabilan berat badan.

Untuk memastikan apakah kaki palsu masih layak pakai dan berfungsi dengan baik, disarankan untuk para pengguna kaki palsu untuk memeriksakan kaki palsu kepada ahli prostetis atau ke dokter ahli rehabilitasi medik secara rutin, minimal setahun sekali.

Similar Posts